Jumat, 15 Juli 2011

Puisi

Tadi di sekolah lagi belajar tentang puisi. Heran. Sebenarnya dari SD uda belajar tentang puisi, lantas kenapa sampai sekarang di saat aku telah SMA masih dipelajari juga? Oke ternyata pelajaran bahasa Indonesia itu gitu-gitu aja dan sangat sempit. Eh pada ngerti ga sama apa yang aku bilang? Aku sih enggak -_-

Ngomong-ngomong tentang puisi, teringat zaman dimana aku masi pake rok biru. Tau sama tau lah ya maksudnya. Nah pas waktu itu tuh, aku sering kali buat puisi, bisa la di ibaratkan se sering telefon rumah ku bunyi. Oke sedikit informasi, kata-kata aku yang tadi itu mengandung majas Perbandingan, yaitu majas hiperbola. Majas perbandingan yang lain itu ada majas personifikasi, majas sinestesia, majas litotes, majas eufimisme dan lain-lain. Ada juga majas sindiran, yaitu.....Eh -__- jadi melenceng ke majas gini sory lah ya namanya juga baru di pelajari di sekolah. Cemanalah habis aku anak stadion teladan sih~~

A romantic girl? Not true~~

Salah satu puisi yang pernah aku publish di blog aku ini judulnya Hembusan Angin haha dari judulnya udah ketahuan kalo itu puisi galau -_- maklum laya zaman-zaman SMP itu masi labil kali. Jadi setiap kali aku bikin puisi bisa di pastikan tiap itulah aku galau, tapi pernah juga lah aku buat puisi pas aku bener-bener lagi sehat wal-afiat tidak terkontaminasi galaunisme. Terus kalo di tanya kemana semua puisi yang pernah aku buat? Jangan ditanya~ soalnya aku gatau apa jawabannya.

Puisi-puisi ku....hilang...begitu....saja....entah....kemana.....

Hal ini mungkin di tandai dengan bergantinya warna rok ku menjadi abu-abu. Secara otomatis kebiasaaan buat puisi itu pun hilang begitu saja.

Tapi ada satu puisi yang dari zaman nya Meganthropus sampe zamannya SBY ga akan pernah aku lupakan. Pengarang nya luar biasa dewa bagi aku.

Ini dia puisinya~~~

Ku tunggu-tunggu kau melintas di depanku
Begitu benarkah lamanya
Saat ingin aku menegurmu dalam sapa
Tingkap angin makin ungu dalam nestapa

Fajar pun yang tak kunjung teraih
Begitu benarkah sukarnya
Kemarauku menggigil dalam nyata
Musim tempat berbagi yang perih

Tanganku inikah tangan dukana
Menjulur-julur dari kemah berkibar badai
Suara tanah yang hama sepanjang bencana
Warna papa tergapai, sapuan tak sampai-sampai.

Ku tunggu-tunggu kau melintas di depanku
Begitu benarkah jarak zamannya
Sangat ingin aku menyapamu dalam tegur
Dan kau balas dengan senyum menghibur.


Bilakah Kau Melintas Di Depanku, Taufiq Ismail, 1963.

3 komentar: