Selasa, 08 Februari 2011

Fisika.....oh Fisika.....


Yah pelarian yang sangat aman.

Barusan aja aku melakukan sesuatu yang sangat mustahil untuk dilakukan--ngerjai PR Fisika--bukan berari aku ga pernah ngerjai PR di rumah, enggak. Masalah nya ini tuh fisika loh. Dan taulah aku sangat sangat dan sangat lemah di mata pelajaran ini. Huft. Sangat di sayangkan sekali, pasalnya dulu pas SMP, Fisika adalah mata pelajaran kesukaan aku. Dan untuk menjawab soalnya pun begitu mudah. Ditambah lagi gurunya yang kece. Makanya Fisika jadi pelajaran kesukaan aku bahkan aku menyukainya lebih dari aku menyukai Biologi. Tapi coba lihat sekarang. Jangan kan untuk jadi pelajaran kesukaan aku, untuk menganggap Fisika itu sebuah mata pelajaran aja aku ga sanggup.

Dan tadi, dari sekian soal yang di berikan, hanya setengahnya lebih sikit yang bisa aku jawab. Yah itu lumayanlah. LUMAYAN ! kalo ingat biasanya jawab satu soal pun payahnya setengah mati. Dan yah--mungkin aku memang kurang usaha. tapi gimana lagi, kalo otak udah buntu mau di apain juga tetep ga bakalan bisa di pake lagi. Salut banget deh buat para ilmuawan fisika itu dan buat orang-orang yang menyukai pelajaran ini.

Maka dari itulah aku mencari sebuah pelarian yang aman. Yup, ga salah lagi. Blog adalah satu-satunya hal yang aku cari ketika pikiran aku udah cenat-cenut (jangan tanyakan apa artinya). Dan jadilah postingan ini. Postingan yang ada karena aku berusaha ngerjai PR Fisika. Postingan yang aku yakin kalo ga ada PR Fisika, nih postingan ga bakalan ada.

Mari berbincang sedikit tentang alasan mengapa Fisika dan saya sangat sulit sekali menyatu akhir-akhir ini (atau selama ini? Entahlah).

Mungkin alasan yang pertama adalah guru. Bukan berarti saya menyalahkan guru dalam hal ini, tapi yah mungkin saja saya tidak cocok dengan metode yang diterapkan ni guru dalam cara mengajar, sehingga sulit saya memahami apa yang diajarkannya.

Dan alasan yang kedua mungkin adalah tingkat kesulitan untuk pelajaran Fisika itu sendiri semakin meningkat. Yang biasanya di SMP tinggal masuk-masukkan angka dari rumus, kalo ini mungkin di SMA tidak hanya sekedar memasukkan angka dari rumus, tapi juga harus mengembangkan rumus tersebut terlebih dahulu. Dan ini mungkin yang sangat sulit untuk dipahami.

Faktor fisiologis menjadi alasan saya yang ke-tiga. Sulitnya berkonsentrasi sangat berpengaruh besar dalam proses belajar mengajar, atau.......mungkin emang akunya aja kali ya yang semakin blo'on. Kebanyakan main jadinya ga konsen lagi di pelajaran. Gatau deh.

Coba banyangkan andai ketiga alasan tersebut menjadi satu. Udah dianya ga konsentrasi, pelajarannya semakin sulit, ditambah pulak gurunya yang ngajarnya kaya gitu.......ga menutup kemungkinan Fisika ini akan menjadi momok bagi semua kalangan pelajar.

Oke memang cuman di fisika aja yang aku ngerasanya gini kali, kalo di MM, Kimia engga terlalu sulit nya itu. Bahkan aku pernah berfikir kaya gini "untuk apasih belajar fisika? kurang kerjaan kali, ngapai coba benda jatuh aja musti di hitung waktu jatuhnya? terus juga kalo benda bergerak harus dihitung gayanya ? buang-buang waktu!"

Yah balik lagi ke pribadi masing- masing sih intinya. Mungkin akunya ga bisa di Fisika justru bisa di lainnya justru malah orang lain bisa di Fisika dan ga bisa di lainnya.

Tapi Fisika juga bisa memberikan kebahagiaan tersendiri buat aku, yaitu waktu aku berhasil menjawab soal dengan kerja keras aku sendiri !!!! yeeaaaaah ! (yah na'apa rin ?)

Wassalam. Doakan Rininya jadi pinter Fisika ya teman-teman :)

1 komentar:

  1. ngapai fisika ada di dunia ini...?
    mengapa bisa"nya mempelajari benda jatuh? Kurang kerjaan ngitung waktu yang diperlukan orang utk jatuh. huhuh

    BalasHapus